Jenis dan Macam Konektor Pada Jaringan Komputer

Jenis dan Macam Konektor Pada Jaringan Komputer



Konektor dalah perangkat keras yang menghubungkan kabel dengan port pada suatu jaringan. Sebagaimana yang kalian ketahui pada jaringan komputer berbasis kabel (wired) diperlukan sebuah kabel dan juga konektornya untuk menghubungkan port dan kabel itu sendiri. Dan berikut saya jelaskan mengenai jenis dan macam-macam konektor yang sering dijumpai pada jaringan komputer disekitar kita.

1. Konektor RJ11 dan RJ45


Kedua jenis konektor ini digunakan sebagai penghubung pada jaringan komputer dengan menggunakan kabel jenis Twisted Pair baik itu UTP maupun STP. (Read More: Pengertian Kabel Twisted Pair)
Umumnya kita hanya memenui konektor RJ45 yang digunakan pada jaringan komputer, dimana konektor tersebut dihubungkan melalui port RJ45 pada komputer.


2. Konektor BNC (Bayonet Neil Concelman)  
Konektor BNC biasanya dipadukan dengan kabel coaxial, baik itu thick coaxial ataupun thin coaxial. (Read More: Apa itu kabel coaxial?)
Walaupun jarang kita jumpai konektor jenis ini pada jaringan komputer, karena konektor ini baisanya digunakan untuk pemasangan CCTV saja.
Adapun macam-macam konektor BNC adalah sbagai berikut:

A. Konektor BNC RG59
Konektor ini digunakan untuk menyambung kabel dengan perangkat CCTV baik itu dengan monitor, DVR, ataupun kamera. Konektor ini khusus untuk menyambung dengan kabel CCTV jenis RG6.

B. Konektor BNC to BNC
Konektor ini adalah konektor yang digunakan untuk menyambungkan kabel dari BNC RG6 yang akan dihubungkan ke monitor, TV, dan DVR.

C. Konektor BNC - RCA
Jenis konektor ini digunakan untuk mengubah BNC menjadi RCA yang akan dihubungkan ke monitor atau TV.


3. Konektor Fiber Optic

Untuk konektor kabel fiber optik ada beberapa jenis, diantaranya:

A. Konektor SC (Subsciber Connector)
Konektor ini digunakan pada kabel fiber optik yang mode tunggal, dengan harga terjangkau dan mudah didapatkan dipasaran. Kualitas konektor ini juga tergolong bagus karena tidak akan mudah rusak bila dipasang diperangkat lain.

B. Konektor ST (Straight Tip)
Konektor ini mirip dengan BNC, dan biasanya digunakan untuk kabel fiber optik jenis tunggal maupun multi mode.

C. Konektor LC
Konektor jenis ini adalah yang paling sering digunakan saat ini untuk menghubungkan antar switch dengan SFP, lebih dominan dengan cabang yang terpisah RX/TX. biasa digunakan untuk kabel fiber optik jenis tunggal maupun multi mode.
(Read More: Mengenal Kabel Fiber Optik dan Jenisnya)

D. Konektor FC ( Fiber Connector)
Konektor ini biasa digunakan untuk jaringan backbone dan menggunakan kabel fiber optik mode tunggal. Akan lebih bagus hasilnya jika digunakan dengan transmiter maupun receiver.

E. Konektor Bionic
Jenis ini adalah konektor fiber optik yang pertama kali muncul dan sekarang sudah sangat jarang dijumpai. Tetapi masih ada yang menggunakannya untuk menghubungkan server dan data center pada perangkat versi lama.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Fitur CSS3

Command Line

7+ Tipe Data C++ Berserta Contoh Program dan Jangkauannya